Friday, July 9, 2010

M.T.O. Pakpahan-Emmy Hutabarat Tak Terpisahkan

[ Kamis, 24 Juni 2010 ]

SEORANG pria melakukan pemanasan pada Jumat lalu (18/6). Pria itu mengenakan celana training, sepatu, jaket, dan topi. Dia membawa payung. Dia adalah M.T.O Pakpahan yang rajin jalan pagi bersama sang istri, Emmy Hutabarat. ''Setiap pagi, mulai pukul 06.00, kami selalu jalan pagi,'' kata pria berumur 70 tahun tersebut.

Pada usia yang tidak muda, Pakpahan dan Emmy sepakat untuk menjaga kesehatan bersama. Mereka memilih jalan pagi. Sebab, olahraga tersebut mudah dilaksanakan. Selain itu, mereka tidak perlu jauh-jauh mencari tempat untuk berolah badan. Mereka cukup berjalan di sekitar perumahan. ''Empat kali putaran sudah cukup buat kami,'' ujarnya.

Saking seringnya berolahraga berdua, pasangan yang menikah pada 1964 itu terkenal sebagai pasangan setia. Mereka menjadi panutan rekan-rekan sesama pejalan kaki. Apalagi, saat berjalan, mereka terlihat begitu mesra. Pakpahan berupaya melindungi Emmy. Bapak tiga anak tersebut selalu berada di sisi luar saat berjalan. ''Biar lambat, yang penting selalu jalan berdua,'' ungkap kakek tujuh cucu itu.

Menurut dia, kebersamaan yang dia rasakan sekarang tidak dapat dinikmati seutuhnya ketika muda. Ketika buah hatinya masih kecil, Pakpahan dan Emmy hidup berjauhan.

Pada 1970, Pakpahan bekerja dan menetap di Surabaya. Emmy dan anak-anak mereka tinggal di Jakarta. Setiap dua minggu Pakpahan pulang untuk menengok istri dan anak-anaknya. ''Setahun kami berjauhan,'' katanya.

Rupanya, Pakpahan merasa berat karena hidup jauh dari keluarga. Dia memiliki cara untuk mengobati rasa rindu. Setiap tidak bisa pulang pada akhir pekan, dia selalu mengajak rekannya ke THR (taman hiburan rakyat). ''Saat itu, THR ramai sekali. Banyak anak yang bermain di sana. Saya jadi seperti melihat anak sendiri,'' ungkapnya.

Kerinduan tersebut berakhir setelah pengusaha jasa pengurusan transportasi itu memboyong istri dan anak-anaknya ke Surabaya. Keduanya membesarkan buah hati mereka di Surabaya. ''Jalan berduaan enak karena ada teman sharing,'' kata Pakpahan. Mereka juga bisa mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan keluarga, mulai masalah berat hingga perkembangan anak dan cucu. Tujuan utamanya, membangun keharmonisan. ''Harmonis itu perlu menjadi contoh bagi anak-anak,'' ujar Emmy.

Selain jalan pagi, Pakpahan dan Emmy jalan-jalan ke pusat perbelanjaan. ''Kalau sudah lelah, kami makan berdua,'' ungkap Emmy. Biasanya, mereka mengenang masa lalu saat makan. ''Kadang, kami juga berenang,'' imbuh wanita 65 tahun tersebut. (may/c12/nda)

---

Tentang Pasangan M.T.O. Pakpahan-Emmy Hutabarat

Anak : 3 orang

Cucu : 7 orang

Hobi : Olahraga bersama

Usia pernikahan mencapai 46 tahun.

Pada 1970 pernah hidup berjauhan. Pakpahan di Surabaya, istri dan anak-anaknya di Jakarta.

Setiap hari melakukan kegiatan bersama demi membangun kebahagiaan dan keharmonisan.

No comments:

Post a Comment