Tuesday, July 6, 2010

Sederet Pemain Bintang Tumbang karena Cedera

Sederet Pemain Bintang Tumbang karena Cedera
Ferdinand Tersingkir, Drogba-Pirlo Terancam

JOHANNESBURG - Ketika Piala Dunia 2010 tinggal lima hari lagi, sederet pemain bintang justru tumbang karena cedera. Sebut saja Rio Ferdinand (Inggris), Didier Drogba (Pantai Gading), dan Andrea Pirlo (Italia). Karena cedera itu, masa depan mereka di Piala Dunia terancam.

Rio Ferdinand bahkan sudah dipastikan absen dari Piala Dunia 2010. Kehilangan bek Manchester United itu jelas berdampak negatif bagi timnas Inggris. Sebab, dia pemain utama di lini belakang, kapten tim, dan seorang leader di ruang ganti.

"Saya tidak pernah mengalami persiapan yang buruk pada hari pertama bekerja seperti saat ini. Sungguh berita buruk dan mengecawakan bagi tim kami. Saya ikut prihatin kepada Rio Ferdinand," kata arsitek Inggris Fabio Capello seperti dikutip Sportinglife.

Capello menyerah dengan kondisi Ferdinand. Tim medis Inggris menyatakan bahwa Ferdinand tidak bisa dipaksakan tampil. Karena cedera ligamen lutut, bek berusia 31 tahun itu terpaksa harus menghapus mimpi tampil di Piala Dunia 2010.

Bila Ferdinand sudah dipastikan terlempar dari skuad Inggris, Pantai Gading masih berharap agar kondisi Drogba membaik. Kapten Pantai Gading tersebut cedera patah tulang lengan akibat bertabrakan dengan bek Jepang Tulio Tanaka pada laga uji coba lalu (4/6).

"Dia (Drogba, Red) mengalami patah tulang pada lengan kanan. Dokter belum mengambil keputusan apakah dia bisa bermain di Piala Dunia. Kami tidak tahu dia bisa bermain atau tidak di laga pertama, tapi kami yakin dia tidak keluar dari skuad," papar Eric Kacou, juru bicara timnas Pantai Gading.

Pelatih Pantai Gading Sven-Goran Eriksson begitu gusar menunggu kepastian kondisi cedera Drogba. "Dia adalah leader dalam tim ini. Drogba juga merupakan salah seorang penyerang terbaik di dunia. Kerugian besar bila dia absen," ujar Eriksson seperti dikutip AFP.

Sementara itu, pelatih Italia Marcello Lippi juga mendapatkan kabar buruk. Dia terancam kehilangan Andrea Pirlo. Gelandang AC Milan tersebut terkapar karena cedera betis. Dia bahkan harus pulang ke Milan untuk pemulihan cedera.

Sembari menjalani pemulihan di klubnya, Pirlo akan dipantau oleh dokter timnas Italia Enrico Castellacci. "Cedera yang dialami Pirlo bikin saya khawatir, tapi itulah yang terjadi dan di saat ini," beber Castellacci seperti dikutip Football Italia.

Belum ada kepastian apakah Pirlo dapat pulih dan bermain di Piala Dunia 2010. Namun, Lippi tampaknya mulai mengirim sinyal untuk menyiapkan pengganti. Dia berencana memanggil gelandang Cagliari Andrea Cossu sebagai pengganti. Sebelumnya, Cossu tersingkir ketika penentuan daftar 23 pemain.

Ketika beberapa tim mendapatkan kabar buruk, pelatih timnas Brazil Carlos Dunga justru memperoleh kabar bagus. Kiper Julio Cesar, gelandang serang Kaka, dan bek sekaligus winger kiri Michael Bastos dipastikan berada pada kondisi fit di Piala Dunia 2010.

"Saya pikir bukan masalah besar. Dalam dua atau tiga hari Cesar dan Bastos sudah berada dalam kondisi fit. Kaka juga mengalami perkembangan bagus selama latihan. Dia siap bermain untuk Brazil," tutur Dunga seperti dikutip AP.

Di antara sederet bintang lapangan itu, Drogba berpeluang angkat koper lebih dahulu. Dia terancam menyusul beberapa bintang lapangan yang tak bisa ambil bagian di Piala Dunia 2010 seperti David Beckham, Michael Ballack, dan Michael Essien.

No comments:

Post a Comment