Thursday, August 26, 2010

Guru Ingat Nama Murid


KARENA lama tidak bersua, para guru yang pernah mendidik anggota Kelompok Vincentius (KV) '71 lupa wajah murid mereka. Sebagian besar guru masih ingat nama-nama anak didiknya dulu. Namun, para guru itu sulit mengenal wajah sang murid. "Banyak yang berubah," kata Cecilia Ilona salah seorang mantan guru.

Dulu, waktu masih menjadi pelajar, para anggota KV berusia belasan tahun. Misalnya, dulu dandanan anggota perempuan masih sederhana, polos, tidak memakai make up. Tapi, sekarang, karena usia sudah berkepala lima, mereka memikirkan penampilan. Termasuk, rias wajah dan busana yang dikenakan. "Saya agak lupa wajah mereka. Tapi, kalau nama-nama, saya masih ingat semua," tutur wanita 64 tahun tersebut.

Bahkan, dia masih hafal siswa yang bandel, cerdas, dan berpenampilan menarik. Ketika ditanya siapa yang pandai, Cecilia langsung menunjuk Nelly Linda Sondakh. Para anggota tak menyalahkan. Sebab, ibu tiga anak itu memang terkenal cerdas.

Tidak hanya Cecilia yang hafal ciri khas muridnya. Soelastria Soeyatmo memiliki cerita yang sama. Tentu, dia sangat senang ketika diajak berkumpul, bertemu kembali setelah tidak lama berjumpa. Dia kangen mengetahui perkembangan mantan muridnya. "Hati ini senang sekali setelah mengetahui anak-anak didik saya bisa jadi seperti ini," tutur mantan guru bahasa Inggris tersebut.

Perempuan 64 tahun itu bangga. Maklum, murid-muridnya menjadi orang sukses. Ada yang menjadi dokter, doktor, dan pengusaha. "Saya senang karena mereka memiliki kepedulian terhadap guru-guru yang pernah mendidik. Mereka memang hebat," ujar nenek tiga cucu itu. (may/c8/nda)

No comments:

Post a Comment