Saturday, August 21, 2010

Navigasi Masih Hit


TOMBOL navigasi yang berupa trackball dan trackpad memang sedang naik daun. Tidak perlu membayar lebih untuk membeli tipe ponsel yang memiliki trackball atau trackpad. Ponsel lokal buatan Tiongkok juga sudah melengkapi bodi mereka dengan tombol semacam itu.

Salah satunya, ponsel lokal keluaran Blueberry tipe terbaru, 2800T. Dalam ponsel tersebut dibenamkan teknologi trackpad. Demikian juga tipe L900 dan 2800. Fitur yang bisa ditemukan dalam ponsel Blueberry itu, antara lain, radio FM, kamera, microSD, MP3, bluetooth, dan Islamic feature.

"Ketiganya baru dan dijadwalkan diluncurkan di Plasa Marina 6-11 Juli," jelas Hartono, distributor Blueberry, kemarin (22/6) mengenai ponsel yang berbanderol Rp 599 ribu-Rp 650 ribu itu.

Untuk ponsel dengan trackball, ada Taxco yang baru mengeluarkan W1. Ponsel ber-keypad qwerty itu memiliki layar LCD 2.0 inci dan berfungsi dual mode on GSM. Fitur lainnya, akses data GPRS, FM radio tuner, dan MP3.

''Bagi yang suka menonton TV, ponsel ini juga sesuai karena dilengkapi dengan TV phone,'' kata Nuning Herawati, SPV CSO Citra Era Communication selaku distributor Taxco.

Salah satu alasan trackball dan trackpad masih hit adalah memudahkan pengguna dalam mengoperasikan ponsel. Sebab, pengguna cukup menggerakkan tombol tersebut sesuai dengan keinginan. Yakni, ke arah atas, bawah, kanan, maupun kiri.

Kali pertama menggunakan ponsel dengan tombol trackball yang berbentuk seperti kelereng mini memang agak sulit. Namun, kalau sudah terbiasa, pengguna akan merasa lebih nyaman. ''Kalau memakai trackball, jari tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk berpindah dari menu satu ke menu lain,'' ucap Nuning. (res/c13/tia)

No comments:

Post a Comment