Wednesday, November 17, 2010

Barcelona Terasa Longgar setelah Ibra Hengkang

[ Sabtu, 04 September 2010 ]
Barcelona Terasa Longgar setelah Ibra Hengkang
BARCELONA - Kurang harmonisnya hubungan Zlatan Ibrahimovic dengan pelatih Josep Guardiola menjadi penyebab hengkangnya Ibra -sapaan akrab Ibrahimovic- dari Barcelona. Meski tidak masuk kategori pemain kesayangan Guardiola, Ibra justru menjadi pemain dengan gaji tinggi di Nou Camp (markas Barcelona). Fakta itu pernah dibeberkan situs Futebol Finance awal tahun ini. Dalam sepuluh daftar pemain bergaji tertinggi, Ibra mendapat bayaran 10,4 juta pounds. Dia menempati urutan kedua di bawah Cristiano Ronaldo yang bergaji 11,3 juta pounds. Pendapatan Ibra bahkan melampaui ikon Barcelona, Lionel Messi, yang hanya menempati urutan ketiga sebesar 9,1 juta pounds.

Dengan pendapatan sebanyak itu, wajar anggaran Barcelona terasa longgar setelah Ibra hengkang. Hal tersebut diungkapkan Wakil Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu. Menurut dia, bergabungnya Ibra ke AC Milan dengan status pinjaman mampu menghemat anggaran El Barca -julukan Barcelona- sekitar EUR 60 juta atau setara Rp 698,8 miliar. Jika dikontrak secara permanen, Barca bahkan bisa mendapat pemasukan tambahan EUR 24 juta. Saat ini seluruh gaji dan pajak Ibra memang ditanggung Milan.

"Kami sangat senang karena segalanya berjalan seperti seharusnya. Kami menghemat EUR 60 juta dan mendapatkan EUR 24 juta. Saya pikir itu bisnis yang bagus. Kepergian dia membuat kami bisa menghemat," ungkap Bartomeu sebagaimana dikutip Tribalfootball.

Namun, Barca belum sepenuhnya mampu menekan anggaran. Sebab, meski sudah pindah ke Milan, Barcelona harus tetap membayar fee kepada agen Ibrahimovic, Mino Raiola.

Ketika berhasil mendatangkan Ibra ke Barca pada musim lalu, Raiola memang memiliki kesepakatan dengan Barca. Agen yang juga mewakili Mario Balotelli itu mendapatkan 10 persen dari gaji Ibra di Barca.

Raiola bahkan memiliki kesepakatan personal dengan Joan Laporta, mantan presiden Barca. Intinya, Raiola mendapatkan bayaran sekitar EUR 6 juta atau setara Rp 85,9 miliar yang dibayarkan selama lima tahun sesuai dengan kontrak Ibra.

Masalahnya, sekarang Ibra pindah ke Milan dengan status pinjaman dan pergi secara permanen pada musim depan. Berdasar kabar yang dilansir Marca, meski Ibra telah hengkang, pembayaran fee untuk Raiola tetap harus diberikan.

Dengan begitu, Raiola akan meraup untung. Sebab, Raiola tetap mendapatkan bayaran dari Barca selama empat tahun ke depan. Padahal, dia juga mendapat bagian dari hengkangnya Ibra ke Milan. (ham/c7/bas)

---

10 PEMAIN BERGAJI TERTINGGI

1. Cristiano Ronaldo (Real Madrid, 11.3 juta pounds)

2. Zlatan Ibrahimovic (Barcelona, 10.4 juta pounds)

3. Lionel Messi (Barcelona, 9.1 juta pounds)

4. Samuel Eto'o (Inter Milan, 9.1 juta pounds)

5. Kaka (Real Madrid, 8.7 juta pounds)

6. Emmanuel Adebayor (Manchester City, 7.4 juta pounds)

7. Karim Benzema (Real Madrid, 7.4 juta pounds)

8. Carlos Tevez (Manchester City, 7 juta pounds)

9. John Terry (Chelsea, 6.5 juta pounds)

10. Frank Lampard (Chelsea, 6.5 juta pounds)

 
HALAMAN KEMARIN

No comments:

Post a Comment