Friday, November 12, 2010

Sang Pemimpi jadi Pembuka Zimbabwe International Film Festival

[ Jum'at, 03 September 2010 ]

Tak Terpengaruh Kasus Ariel

JAKARTA - Kendati salah seorang pemainnya mendekam di penjara, Sang Pemimpi (The Dreamer) tak berhenti berkarya di kancah internasional. Film yang dibintangi Nazril Irham atau Ariel itu terpilih sebagai pembuka di Zimbabwe International Film Festival (ZIFF) ke-13 yang berlangsung pada 27 Agustus hingga lusa, 5 September, di Arts Theather, Avondale.

Sang Pemimpi yang diproduksi Miles Films itu menjadi sajian pertama di antara sejumlah film kiriman 24 negara peserta. Seperti halnya di tanah air, film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata tersebut juga menuai pujian penonton, terutama karena sarat unsur mendidik dan penyajian cerita realita kehidupan masyarakat sederhana meraih masa depan.

Mira Lesmana, selaku produser Sang Pemimpi, tak hadir dalam festival tersebut. Mewakili Miles Films, ada Landung Laksono Simatupang (pemeran Pak Mustar) dan Ignatius Widjajanto (pemeran Bang Zaitun) yang menghadiri acara pembukaan ZIFF pada 27 Agustus itu.

Andanari Yogaswari, publicist Miles Films, mengatakan, pihaknya sangat bangga dengan ditunjuknya Sang Pemimpi sebagai open screening ZIFF. Itu berarti akan ada banyak orang yang melihat hasil karya tersebut. ''Mulai produser hingga artis internasional bisa menonton Sang Pemimpi. Ini menjadi momen spesial bagi kami. Tidak sia-sia perjuangan kami,'' kata Andanari.

Ini merupakan kali kedua keikutsertaan Miles Films di ZIFF. Tahun lalu Laskar Pelangi (Ranbow Troops) juga ditunjuk KBRI Harare untuk mewakili Indonesia dalam festival film internasional tersebut. Hanya, sebelumnya, Laskar Pelangi menjadi film peserta saja, tidak sampai menjadi pembuka.

Mengenai kasus video mesum yang menimpa Ariel, Andanari tak menampik tersebar juga hingga Benua Afrika. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi berita heboh. ''Tidak ada pengaruhnya sama sekali dengan film Sang Pemimpi,'' ungkapnya.

Tahun ini Sang Pemimpi mempunyai jadwal road show yang padat di berbagai festival film internasional. September ini saja, ada tiga festival film yang diikuti, yaitu OzAsia Film Festival di Adelaide, Australia; Indonesian Festival di Newa Zealand; serta Fokus on Asia International Film Festival di Fukuoka, Jepang. ''Sampai Januari tahun depan, masih sibuk,'' ujar Andanari.

No comments:

Post a Comment