Thursday, October 14, 2010

Bisa Sekalian Jadi Native Speaker


MULYOREJO - Program pertukaran mahasiswa terus dilakukan sejumlah kampus di Surabaya. Kemarin (2/9) giliran Universitas Airlangga (Unair) yang menerima sejumlah mahasiswa asing dari program Erasmus Mundus External Cooperation Windows (EMECW), Darmasiswa, dan kelas internasional. Rinciannya, ada 12 mahasiswa asing program EMECW, 8 dari Darmasiswa, dan 15 dari kelas internasional.

EMECW adalah program pertukaran mahasiswa atau staf kampus hasil kerja sama kampus-kampus di Eropa dan Asia-Pasifik. Di Indonesia, hanya Unair yang dipercaya untuk turut dalam program ini. Unair berada di lot 11 bersama beberapa negara Asia Pasifik, seperti Afghanistan, Bhutan, Nepal, Pakistan, Bangladesh, dan India. Sedangkan di Eropa, ada Belgia, Bulgaria, Siprus, Spanyol, Belanda, Polandia, Jerman, Turki, dan Liechtenstein.

Selama mengikuti program ini, mahasiswa melakukan penelitian dan mengambil mata kuliah pilihan di universitas yang dituju. "Seperti sekolah beneran. Pulang membawa transkip nilai dan dapat dikonversi di universitas asal," ujar Jani Purnawanty, contact of EMECW for Universitas Airlangga.

Sedangkan program Darmasiswa lebih menonjolkan unsur pengenalan bahasa dan budaya Indonesia ke dunia internasional. Menurut Mochamad Jalal, ketua bidang pengelolaan mahasiswa internasional Unair, mahasiswa asing tersebut dapat dimanfaatkan untuk belajar bahasa asing dan pergaulan internasional. "Secara tak langsung mahasiswa asing itu akan jadi native speaker." (jun/c2/ttg)

No comments:

Post a Comment