Sunday, October 3, 2010

Kloter I Haji Terbang 12 Oktober


Sebanyak 210.344 Jamaah Lunasi BPIH

JAKARTA - Persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2010 terus dimatangkan. Pemerintah mengumumkan, kelompok terbang (kloter) pertama calon jamaah haji (calhaj) Indonesia akan bertolak ke Tanah Suci pada 12 Oktober mendatang.

"Itu pemberangkatan gelombang I. Sedangkan pemberangkatan gelombang II akan dimulai minggu pertama November," kata Sekretaris Dirjen Haji dan Umrah Kemenag Abdul Ghafur Djawahir di kantornya kemarin (2/9).

Pemberangkatan perdana jamaah haji Indonesia akan dilangsungkan di seluruh embarkasi. Jamaah haji Indonesia akan terbang dari sebelas embarkasi. Antara lain Jakarta, Solo, Surabaya, Aceh, Padang, Palembang, Banjarmasin, Makassar, dan Bali.

Ghafur menyebutkan, kesiapan pemondokan sudah 100 persen, termasuk bagi jamaah haji yang masuk dalam kuota tambahan. Dia menjamin bahwa jamaah kuota tambahan tersebut akan berada di areal yang sudah ditetapkan pemerintah, yakni maksimal 4 kilometer dari Masjidilharam. "Itu sudah menjadi komitmen kami," tegas dia.

Kasubdit Pendaftaran Jamaah Haji Kemenag Cepi Supriatna memaparkan, hingga kini jumlah jamaah yang melunasi BPIH 210.344. Rekapitulasi pada hari ke-20 kemarin menyebutkan, jumlah itu terdiri atas jamaah haji reguler 189.175 dan haji khusus 21.169 orang.

"Total kuota untuk haji khusus adalah 23.500 dan yang mendaftar dengan sistem waiting list 21.169. Sehingga, untuk sisanya, 2.331 jamaah, mulai hari ini kami buka sistem rebutan," ungkap Cepi.

Dia menjelaskan, kurs dolar Amerika Serikat dari Bank Indonesia untuk setoran BPIH Kamis kemarin Rp 9.079. Calhaj asal Jawa Barat terbanyak melunasi BPIH dengan jumlah 36.305 orang, disusul Jawa Timur 33.133 orang, dan Jawa Tengah 28.977 orang.

Jamaah haji reguler yang telah melunasi BPIH selambat-lambatnya empat hari kerja setelah pelunasan wajib mendaftar ulang ke Kantor Kemenag kabupaten/kota sesuai dengan domisili calhaj. "Di sana jamaah akan mendapatkan panduan dan petunjuk persiapan pelaksanaan haji selanjutnya," kata dia.

Pemerintah sebelumnya memutuskan memperpanjang pelunasan BPIH reguler. Hingga akhir masa pelunasan Senin lalu (30/8), masih ada calhaj yang belum melakukan pelunasan. Karena itu, masa pelunasan BPIH reguler diperpanjang, yakni pada 1 hingga 6 September 2010. "Sekaligus pembayaran tambahan kuota haji reguler yang jumlahnya 3.500 orang," ujar Cepi.

Jika dalam kurun waktu dua hari kuota tambahan belum habis, pemerintah memberlakukan sistem pelunasan dengan cara perebutan bebas. "Perebutan berlangsung pada 2-3 September mendatang," ucapnya.

Rencananya, pada musim haji 2010 ini, pemerintah memberangkatkan 197.500 calhaj reguler. Kemenag saat ini sedang menyusun jadwal pemberangkatan calhaj dari setiap embarkasi. Ini perlu dilakukan agar tak ada benturan jadwal dengan yang ditetapkan maskapai penerbangan. (zul/c9/iro)

No comments:

Post a Comment