Monday, October 11, 2010

Buka Puasa Relawan Paliatif dan Keluarga Pasien


SURABAYA - Suasana sore di halaman tengah Instalasi Rawat Inap (Irna) Anak RSUD dr Soetomo kemarin (2/9) berbeda daripada biasanya. Kalau lazimnya hanya beberapa orang yang terlihat duduk-duduk, kemarin halaman yang dilengkapi beberapa sarana permainan anak itu dipadati ratusan orang.

Mereka menunggu giliran mendapatkan takjil dan menu buka puasa yang dibagikan melalui tiga meja besar oleh beberapa perawat Irna Anak RSUD dr Soetomo. Takjil dan menu buka puasa tersebut merupakan hasil kerja sama para relawan Pusat Pengembangan Paliatif dan Bebas Nyeri (PPPBN) RSUD dr Soetomo, ESQ, dan Irna Anak RSUD dr Soetomo.

"Tujuannya, rasa kekeluargaan antara dokter, perawat, pasien, lebih meningkat supaya lebih akrab. Awalnya, relawan paliatif dan ESQ yang akan membagi-bagikan bingkisan kepada pasien. Tapi, berhubung Irna Anak sore ini (kemarin sore, Red) akan mengadakan acara serupa, jadi kami bergabung. Jadi, kami sekalian mengadakan di sini," papar Wakil Ketua PPPBN dr Agus Ali Fauzi PGD PallMed (ECU) kepada Jawa Pos kemarin.

Acara buka bersama tersebut juga diadakan karena Irna Anak ingin meringankan beban keluarga pasien. Setiap waktu berbuka tiba, mereka selalu kesusahan mencari menu berbuka karena harus menunggui pasien. Karena itu, rumah sakit memutuskan untuk membagikan menu buka tersebut sekaligus mengakrabkan dokter, perawat, dan keluarga pasien.

Kemarin ada 450 kotak nasi yang dibagikan kepada keluarga pasien. Selain itu, mereka mendapatkan takjil yang berupa gorengan, kurma, serta air mineral. Menu tersebut dibagikan secara merata kepada seluruh penunggu pasien dan petugas kebersihan di rumah sakit milik pemprov itu. Agar tidak ricuh, pembagian dilakukan dengan sistem kupon. Kemarin juga dibagikan 150 bingkisan Lebaran untuk pasien. (rum/c12/aww)

No comments:

Post a Comment