Saturday, October 23, 2010

Tata Ulang Jelang Lebaran

[ Jum'at, 27 Agustus 2010 ]

MENYAMBUT Lebaran yang tinggal dua pekan lagi, kesibukan mempersiapkan rumah mulai dilakukan. Biasanya, pemilik ingin menampilkan suasana baru demi menyambut tamu atau kerabat yang berkunjung.

Karena waktunya mepet, tidak perlu merombak total semua elemen desain. Ada beberapa hal kecil yang bisa dilakukan demi mendapat penampilan baru, tanpa butuh waktu lama.

Siasat pertama, mengganti kain pelapis sofa. Cara ini paling lama butuh waktu sepekan. Atau, kalau mau lebih cepat, menambahkan kain pembungkus sofa. ''Kadang ada yang jual dalam bentuk jadi,'' kata Maria Yohana Susan, praktisi desainer interior di Surabaya.

Agar tidak monoton, pilih bahan yang bermotif. Misalnya, bunga atau hijau dedaunan. Kesannya lebih atraktif.

Cara lain, dinding dicat ulang. Tidak usah semua bagian dinding karena terlalu merepotkan. Cukup pilih satu dinding yang akan dijadikan pusat perhatian. Misalnya, di ruang keluarga atau ruang makan. Lantas, cat dengan warna cerah. ''Kalau Lebaran begini, mungkin cocok dengan hijau ya,'' tutur Susan.

Untuk kesan fresh, pilih warna lime green. Kalau ingin kesan formal, pilih hijau tua.

Tentu saja, pemilihan warna tersebut tidak wajib. Warna lain bisa digunakan. Asalkan, sesuai dengan gradasi warna perabot di ruangan tersebut.

Jika ingin yang lebih praktis, gunakan wallpaper di dinding yang menjadi fokus. Setelah dicat atau dilapisi wallpaper, tampilan dinding bisa dipermanis dengan memasang foto keluarga dalam ukuran besar. Pilihan lain, lukisan favorit.

Persiapan lainnya adalah menata ulang perabot. Karena pengguna ruangan diperkirakan bertambah, pastikan peletakan furnitur tidak menghalangi sirkulasi tamu. Di ruang makan, kursi makan diatur berderet di satu sisi saja. Dengan demikian, tamu bisa mengambil makanan dengan leluasa.

Hal lain yang diingatkan Susan adalah persiapan peralatan makan. Tidak usah mengganti piring, sendok, atau perlengkapan makan lainnya. Cukup mengganti taplak meja, runner (semacam taplak tapi tidak terlalu lebar dan di tata memanjang di tengah meja), serta placemate (tatakan piring atau gelas) dengan warna-warna yang lebih ceria.

Biasanya, kata dia, asisten rumah tangga pulang. Padahal, banyak tamu atau keluarga yang berkunjung. Artinya, semakin banyak perlengkapan makan minum yang digunakan. ''Kalau tidak mau repot, siasati dengan bahan sekali pakai. Misalnya, melapisi piring dengan daun pisang yang sudah digunting dengan bentuk menarik,'' ungkap perempuan 29 tahun tersebut lantas tersenyum. (any/c5/nda)

No comments:

Post a Comment