Monday, October 25, 2010

Snack untuk Sajian Utama

  Sabtu, 04 September 2010


[ Jum'at, 27 Agustus 2010 ]

SURABAYA - Spanyol tak hanya terkenal akan matador tetapi juga beragam makanannya yang lezat. Salah satunya sajian kuliner terkenal berasal dari kawasan tengah Spanyol. Di daerah tersebut, masakan dengan cita rasa pedas menjadi ciri khasnya. Sebut saja huevos tomates rellenos dan costillas.

Di daerah asal kedua makanan tersebut merupakan snack atau makanan ringan yang menjadi teman menghabiskan waktu malam. Namun, dengan sedikit kreativitas, kedua sajian tersebut bisa menjadi makanan utama.

"Perbedaannya hanya pada porsi saat disajikan," ulas Arya Putra Sunjaya, Executive Instructor The Sages Institute International. Dijelaskan lelaki 29 tahun tersebut, ciri khas dari kedua masakan tersebut adalah pada penggunaan beberapa bumbu khas Spanyol. Namun, berbeda dengan kuliner Nusantara yang mengandalkan cabai rawit untuk menyumbang rasa pedas, masakan Spanyol memanfaatkan saus tabasco dan paprika bubuk sebagai sumber taste pedas.

"Ada berbagai jenis paprika yang bisa dijadikan paprika bubuk. Masing-masing juga memiliki cita rasa yang berbeda. Tetapi, karena di Indonesia, paprika tidak terlalu familiar, kita bisa menggunakan jenis paprika bubuk yang banyak dijual saja," ulasnya.

Untuk resep pertama, huevos tomates rellenos, Arya menjelaskan kalau makanan tersebut umumnya disajikan saat dingin. Fungsinya, untuk menggugah cita rasa sebelum menikmati hidangan utama. Menu pembuka itu memiliki rasa asam dan pedas yang berasal dari mayonnaise, paprika bubuk, dan saus tabasco. "Selain sebagai penambah rasa, ketiga bumbu itu sengaja digunakan untuk mengurangi rasa enek dari penggunaan telur," ulasnya.

Arya menambahkan hidangan pembuka tersebut dapat diolah dengan beragam isi berbeda. Misalnya, isi bisa diolah dari potongan putih telur, mentimun, dan keju parut. Bisa juga menggunakan tumisan kerang yang dipadu dengan tomat, paprika, dan bawang bombai. "Bisa berkreasi sesuai selera," tambah Arya. (war/tia)

---

HUEVOS TOMATES RELLENOS

Kreasi: Arya Putra Sunjaya, Executive Instructor The Sages Institute International

BAHAN

1 sendok makan bombai cincang halus

1/2 sendok makan bawang putih cincang

Garam dan merica hitam secukupnya

1 sendok teh paprika bubuk

1/4 sendok teh saus tabassco

1 sendok makan ham sapi cincang kasar

1 sendok makan saus tomat

1 sendok makan mayonnaise

2 butir telur rebus, kupas kulitnya

1/2 buah selada iceberg lettuce

CARA MEMBUAT

Rebus tomat selama 2 menit, saring dan masukkan ke dalam air es.

Potong bagian atas tomat dan keruk daging sampai menyerupai mangkok. Masukkan tomat tersebut ke dalam lemari es.

Panaskan minyak di wajan, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum.

Masukkan ham cincang dan masak sampai berubah warna. Matikan api, taburkan paprika bubuk dan saus tabasco. Kemudian pindahkan bumbu dan bahan tersebut ke dalam mangkok tomat.

Campur dengan saus tomat dan mayonais.

Belah telur jadi dua sama besar, lalu ambil kuning telurnya. Sisihkan putih telur rebus.

Masukkan kuning telur rebus yang telah diambil ke dalam campuran mayonais. Aduk rata sampai kaku.

Masukkan campuran mayonnaise dan kuning telur rebus ke dalam mangkuk tomat dan rongga putih telur rebus.

Sajikan dingin sebagai hidangan pembuka dengan rajangan selada sebagai dasaran.

No comments:

Post a Comment